Pusat Metafisika Asia

Perumahan Kapling Pengkol

Jl Kayu Tangan 2, No 29

Kec Jepara, Kab Jepara

Jawa Tengah, Indonesia - 59451

 

Mbak Ayu

Call/SMS: 081226888103

PIN BB :79398E99

Whatsapp :081 226 888 103

metafisika103@gmail.com

Yahoo! Messenger

 

Ki Sabrang Alam

Call/SMS: 081226888106

metafisika106@gmail.com

Yahoo! Messenger

 

Hari & Jam Kerja

Senin-Sabtu, 08:00-16:00 WIB

Minggu & tanggal merah kami libur

Diluar jam kerja, bisa Email/SMS

 

Apa itu Fengshui?

Feng Shui merupakan ilmu yang tumbuh bersama kebudayaan Cina. Feng artinya angin dan Shui berarti Air. Intinya, ilmu tersebut berfungsi untuk memperhitungkan segala hal yang ditinjau berdasarkan kaidah-kaidah air, angin dan api. Biasanya Feng Shui erat kaitannya dengan kondisi bangunan, air pembawa berkah maupun dengan benda yang dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan tersendiri bagi yang memakainya. Namun semua itu tergantung pribadi masing-masing untuk mempercayai atau tidak manfaat Feng Shui.

 

Dalam versi lain menyebutkan Fengshui merupakan warisan yang sangat berharga dan juga merupakan tradisi dari bangsa Tionghoa. Ilmu Fengshui ini banyak diterima dan menjadi populer di negara-negara karena dengan menerapkan pengaplikasian dalam kehidupan dapat mendatangkan keberuntungan dan meningkatkan kehidupan yang cepat.

 

Untuk itu kita wajib mengetahui bagaimana sistem kerja dari Fengshui itu sendiri. Akan sedikit kami jelaskan tentang bagaimana sistem kerja dalam ilmu Fengshui. Sebagian orang banyak yang menganggap bahwa Fengshui adalah sesuatu yang berbau takhayul atau mistisme, memang benar dan tidak dapat dipungkiri kalau kita masih membutuhkan sugesti akan hal-hal semacam itu. Maksud dan tujuannya adalah untuk mendatangkan keberuntungan, menghindari dari hawa perusak dalam diri maupun rumah yang kita tempati dan menyelaraskan hawa Yang (positif) dan Yin (negatif).

 

Bagi masyarakat Tiongkok kuno waktu itu, Yin Qi dan Yang Qi inilah yang menyebabkan hidup mereka tidak berada pada jalur yang konstan. Artinya, ada kalanya mereka sehat ada kalanya mereka sakit, hari ini mereka gembira entah kapan mereka akan mengalami sedih. Ada masa muda juga ada masa tua. Hal ini tidak hanya berlaku bagi situasi dan kondisi yang dihadapi oleh manusia atau makhluk organisme, akan tetapi juga alam semesta kita, buktinya? Ada siang ada malam, ada perubahan musim, semua juga mengalami hal yang sama.

 

Kemudian dari sinilah manusia 'pintar' waktu itu mencoba untuk meriset alam semesta kita ini untuk membuka sebuah tabir yang masih menjadi tanda tanya besar, apa rumusan yang terjadi dari perubahan-perubahan ini, lantas apa motif mereka untuk melakukan riset ini?

 

Pada dasarnya masyarakat waktu itu juga berpikir seperti kita yang telah modern yaitu mereka takut sakit, mereka takut susah, mereka ingin mencari sebuah faktor 'X-files' agar menjadikan kuantitas dan kualitas kehidupan mereka lebih baik, atau paling tidak dapat mengurangi sesuatu yang pahit tersebut meskipun sedikit.

 

Lantas apa yang membuat segala peristiwa yang kita alami dalam penghidupan ini selalu berubah?

 

Semua ini adalah hasil interaksi dari energi Yin dan Yang ketika bertemu. Ketika energi Yin dan energi Yang bertemu maka terciptalah perubahan baru, yang sering kita sebut dengan Tai Ji. Jadi dengan kata lain Tai Ji adalah sebuah perubahan yang memiliki titik pusat, dapat dimisalkan bumi kita ini yang memiliki poros pada sumbunya akan tetapi bergerak dalam skala rotasi. Demikian juga dengan ilmu Feng Shui, pakar kuno kita telah memahami jika terdapat perbedaan ruang maka pasti terdapat perbedaan waktu, dan jika terdapat perbedaan waktu pasti terdapat perbedaan ruang. Ruang dan waktu inilah yang kita sebut dengan Xuan Kong.

 

Dalam bahasa Mandarin arti kata Xuan Kong dapat diterjemahkan sebagai kekosongan yang unik. Mengapa? Karena definisi dari arti kata Xuan Kong telah menembus batas yang lebih ilmiah dalam pengertian modern. Seperti kita ketahui bahwa segala sesuatu memiliki titik pusat yang kita sebut dengan Tai Ji demikian juga dengan bumi ataupun planet-planet yang lain semua bergerak mengelilingi matahari sebagai pusat peredarannya.

 

Lantas kenapa Ruang dan Waktu yang kita istilahkan dengan Xuan Kong ini diartikan dengan kata kekosongan. Awalnya dalam sejarah dan budaya Tiongkok waktu itu ilmu filsafat telah berkembang cukup pesat seperti halnya di Yunani kuno, seperti Socrates dan Aristoteles yang mana manusia waktu itu memahami bahwa hidup ini tidaklah kekal dan segala sesuatu pasti berubah. Tidak tetap berarti kosong, mengapa? Karena kita tidak dapat mempertahankan definisi.

 

Karena tidak ada satupun yang tetap di dunia ini, maka para pakar Feng Shui kuno menyebut fenomena ini sebagai Yun atau secara harfiah berarti siklus. Siklus ini terjadi secara Zi Ran atau secara alamiah dan bergerak mengikuti Li yaitu kodrat alam dalam suatu Xuan Kong (Ruang dan Waktu) yang memiliki obyek Tai Ji (titik pusat). Seperti halnya Matahari yang menghangatkan dunia kita ini terjadi secara alamiah (Zi Ran) dan terbit dari timur terbenam di sebelah barat sesuai kodrat alam (Li).

 

Pahamkah metamorfora saya ini? Dan karena semuanya sudah dalam siklus, maka demikian juga dengan kehidupan manusia yang tidak mungkin lepas dari kelahiran, penuaan, sakit, dan akhirnya meninggal seperti halnya dengan energi alam semesta Qi yang memiliki siklus dimulai dari: Sheng Qi (lahir), Wang Qi (kuat), Shuai Qi (lemah), Si Qi (mati), dan Sha Qi (pembunuh). Ini adalah salah satu hasil penemuan dari riset para pakar Feng Shui kuno dalam menganalisa dan mengidentifikasi segala fenomena di dunia kita ini.

 

Untuk itu perlu dipahami bahwa dalam melakukan analisa dari aliran energi Qi di sebuah rumah atau bangunan apapun, kita perlu memperhatikan 2 hal penting, yaitu Xiang (arah hadap rumah) dan Shan (arah duduk rumah). Perlu diketahui bahwa kedua hal tersebut dapat dimisalkan seperti manusia yang mana dalam ilmu pengobatan Tiongkok kita sebut sebagai Ren Mai dan Du Mai , ini merupakan garis tubuh yang sangat vital sekali demikian juga dalam ilmu Feng Shui. Sekali kita mengetahui arah hadap dan arah duduk rumah dengan menggunakan Luo Pan (kompas Feng Shui) maka berikutnya kita bisa menentukan titik atau lokasi yang baik atau buruk dalam sebuah rumah.

 

Sebuah rumah yang baik adalah yang memenuhi syarat akan Fengshui, Dan bagaimana untuk yang belum memenuhi syarat dengan fengshui. Masih banyak alternatif untuk mengatasi akan hal seperti itu. Dalam situs PakarFengshui.com telah menyediakan berbagai produk yang dapat langsung diaplikasikan dalam hal keberuntungan, keharmonisan rumah tangga dan lain sebagainya. Tak dapat kita pungkiri dalam dunia ini kita masih membutuhkan penghantar dalam membantu semua bisnis maupun usaha yang kita kelola. Bijaksanalah dalam memutuskan bahwa Anda juga masih memerlukan hal tersebut sebagai pendorong usaha.